Tujuan, Sasaran, dan Strategi Perusahaan

Tujuan
Menjadi Bank Regional yang kuat, terpercaya, berdaya saing, dan mendukung pembangunan ekonomi di Tanah Papua, dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder, mengelola bisnis melalui praktek perbankan yang sehat, menjalankan bisnis secara professional serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Tanah Papua

Sasaran
Sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan dan sebagai bank milik Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat bersama sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota sePapua dan Papua Barat, Bank Papua bertujuan untuk mengelola keuangan daerah, yaitu sebagai pemegang Kas Daerah dan membantu meningkatkan ekonomi daerah dengan memberikan kredit kepada pengusaha kecil.
Arah dan kebijakan pengembangan bisnis yang akan dilakukan oleh Bank Papua pada tahun 2022 mengacu pada Corporate plan 2018-2022 yakni fokus pada 6 bidang dengan 3 bidang utama dan 3 bidang pendukung yaitu :
1. Human Capital Management
2. Corporate Culture
3. Risk Management & Asset Recovery
4. Proses dan Organisasi Bisnis
5. Kanal Distribusi & Produk
6. Teknologi Pendukung

Strategi
Beberapa langkah strategis yang akan ditempuh dalam rangka merealisasikan lima (5) arah kebijakan Bank Papua sehingga visi dan misi Bank Papua dapat terpenuhi adalah sebagai berikut:
1. Strategi peningkatan modal guna memperkuat ketahanan kelembagaan.
2. Human Capital Development.
3. Product and Service Development
4. Teknologi Informasi dan Management Information System (MIS)
5. Good Corporate Governance (GCG) and Risk Management.