Studi Banding Produk Digital, Bank PAPUA Terima Kunjungan Bank KALBAR
Jayapura, 24 Juli 2024 – Perkembangan produk digital Bank Papua menarik perhatian tim Studi Banding Bank Kalbar. Tim yang terdiri dari 3 (tiga) orang ini disambut dengan hangat oleh Manajemen Bank Papua, Senin (22/7).
Direktur Operasional Bank Papua Isak S. Wopari memasangkan Mahkota dan mengalungkan Noken, serta melakukan prosesi Injak Piring kepada Direktur Utama Bank Kalbar H. Rokidi, Kepala Divisi Perencanaan Bank Kalbar Achmad Rizwan, Kepala Divisi Teknologi Informasi Bank Kalbar Toni Darmawan sebagai tanda ucapan selamat datang di Tanah Papua.
“Sebuah kehormatan bagi Bank Papua mendapat kunjungan dari Bank Kalbar untuk berbagi ilmu terkait produk digital Bank Papua, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dan membawa dampak yang baik bagi perkembangan digitalisasi perbankan daerah” tutur Wopari.
Studi banding yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Kantor Pusat Bank Papua Jayapura ini melibatkan tim dari Divisi Perencanaan Strategis, Divisi Teknologi Informasi, dan Divisi Pengendali Bank Papua untuk mendiskusikan perkembangan produk digital Bank Papua.
Tim studi banding Bank Kalbar tertarik mempelajari bagaimana Bank Papua menghadapi tantangan digitalisasi sampai ke daerah terpencil, sebab dari sisi geografis Papua memiliki kondisi wilayah yang mirip dengan Kalimantan Barat, dengan banyak daerah pegunungan yang terdapat blank spot, yaitu kondisi dimana suatu tempat tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi.
“Perkembangan SMS Banking di Bank Papua patut kami coba, walaupun sudah ada mobile banking SMS Banking tetap dipakai, karena tidak semua daerah memiliki sinyal 4G, cukup dengan 2G SMS Banking dapat digunakan, sehingga semua masyarakat dapat terlayani sampai ke daerah pedalaman,” ujar Rizwan.
Sasaran lain studi banding ini adalah soal pengembangan struktur organisasi. Perubahan pola struktur organisasi yang telah diterapkan Bank Papua memberikan ilmu baru dan masukan bagi Bank Kalbar untuk melakukan pembenahan dalam struktur organisasi mereka guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Sementara untuk melengkapi studi banding ini, Bank Kalbar juga menimba pengalaman onsite visit ke ruangan IT untuk melihat proses pemantauan melalui CCTV yang terkoneksi pada beberapa Kantor Cabang Bank Papua, guna peningkatan layanan cabang.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi menyampaikan terima kasih kepada Direksi Bank Papua dan jajarannya yang telah menyambut tim studi banding Bank Kalbar dengan sangat luar biasa.
“Ini merupakan pengalaman pertama kami datang ke Papua, tidak hanya difasilitasi, kami juga diberikan ilmu dan diajak berwisata. Besar harapan kami kunjungan ini tidak hanya sampai di sini, namun dapat mempererat persahabatan Bank Kalbar dan Bank Papua, sehingga lebih banyak kesempatan untuk sharing dan menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi,” ungkap Rokidi.
